iklan

Tips Bagus dan Hemat Memasang Kopling Manual Yamaha Jupiter Z New (ZR)

Assalamualaikum.wr.wb

Apa kabar sobat ,, semoga baik" selalu dan dalam perlindungan Allah.SWT..
dalam posting kali ini saya akan berbagi info tentang Tips Bagus dan Hemat Memasang Kopling Manual Yamaha Jupiter Z New (ZR) sesuai pengalaman pribadi saya. untuk para master modifikasi cukup senyum" aja baca nya ya, ciye ciyeeee ;D hehe, mohon bimbingannya karena mungkin banyak terjadi kesalahan tutur kata dalam postingan saya :)..

Langsung saja, kenapa saya mengubah kopling otomatis menjadi kopling manual, karena menurut pengalaman saya kopling manual lebih mantep dan responsif, sebenarnya sih nggak nambah speed sih kalo ganti kopling manual, cuma responsif lebih bertambah aja..
Menuju TKP :
Langkah pertama sobat beli dulu Bak kopling yang sudah disediakan oleh TDR / SYS / Yamaha dari Yamaha Thailand ditoko Otomotif..

Nih Cuplikannya bak kopling TDR punya ku :
1. 


Bak Kopling

Ada dua versi sob bak kopling TDR, ini versi yang kedua:
2.  


Ruma Kopling


Keterangan Gambar Nomor 1 & 2:
  1. Bak kopling ini sudah 1 paket, yang terdiri dari Handle, Stut, kabel Kopling, bak kopling yang dibandrol Harga :360.000(daerah Semarang).. (Gambar Nomor 1.)
  2. Bak Kopling ini versi lebih komplit tersedia juga rumah kopling, karena jupiter z new menggunakan kopling diafragma seperti mobil, sehingga dari TDR sendiri menyediakan yang versi rumah kopling Harga : 650.000 (daerah Semarang).. (Gambar Nomor 2.)

dua cuplikan gambar diatas itu sudah komplit bisa langsung pasang, namun klo langsung dipasang gitu aja jadi nya kopling banci sob, alias kopling kalau mau pindah gigi nggak usah mencet handle nya dulu bisa,,, uhh kurang ajib pastinya...
nah maka dari itu agar kopling kita bisa full kopling manual saya beri 2 informasi cara yang hemat biaya, berdasarkan pengalaman saya  :

1. kita harus buatin sendiri sob balancer nya,, buat balancer sendiri diTukang bengkel bubut sob, bahan utama besi tebal bulat, cari di jual beli barang bekas.. beratnya besi itu diusahakan lebih berat dibanding dengan Balancer aslinya (Lebih Baik Lebih daripada kurang :D) karena nanti nya akan dibubut dikurangi beratnya dibengkel bubut,, keanapa ya harus ditimbang,, karena Kalo tidak ditimbang entar beratnya nggak beraturan sob, bisa" setang seher kita muntir, ribet deh uang lagi dah :D
nah terus bila beratnya udah sama tinggal deh dipantek gear kecilnya dari balancer asli nya dengan cara dipotong dulu baru dipasang dibalancer yang kita buat tadi dengan cara dilas paten,
SUMBER : Dari bengkel balancer saya

balancer buatan tukang bubut seperti gambar berikut:

Fly Weel
 2. yang lebih hemat biaya dengan cara mengeLas 3 titik balancer asli nya seperti gambar berikut,,
Gear Ganda
 modal Las cuma 10.000 sob irit bued, namun Kata mas Bengkelku kalo dilas Balancernya kalo mau nyeTandarinnya lagi ribet sob, so kita harus meratakan lagi bekas lasnya itu kalo nggak kita harus beli balancernya seharga 400.000,, astaghfirullahaladzim,,
- tapi menurutku kayaknya sama aja Kalo mau Standartin lagi pasti sama" ribet...

nah setelah semua sudah siap tinggal pasang aja sob,,

Pemasangan
 INFO PETING !!!
- Bagi sobat mau pasang kopling Manual menggunakan bak kopling yang versi (gambar Nomor 1) / yang versi tanpa rumah kopling, diusahakan pakailah Lonceng yang asli sob, karna lonceng bawa'an dari TDR nggak bertahan lama udah habis pinggirannya sob,, efeknya kalo udah habis tuh pinggiran lonceng, motor jadi nggak bisa ngopling.
nah cara pakai Lonceng yang asli dengan cara dibubut sedikit sob lubangnya, karena lobang lonceng asli kecil, jadi tuas stut nggak bisa masuk. ingat jangan diborr ya so kalo diboor kagak kuat karena Lonceng asli dari baja, jadi lbih baik dibubut aja & bawa sekalian stut koplingnya buat ngepasin lobangnya..

ini Cuplikannya Lonceng Punya ku bawaan TDR yang udah habis :

Lonceng Habis
 - Saran saya Lebih baik menggunakan Bak kopling yang versi (gambar Nomor 2), walau harga agak mahal, tapi lebih mantep sob, sesuai pengalaman ane bak kopling versi 1 kurang responsif sob karena hanya menggunakan 2 kampas kopling & tanpa per kopling,, beda dengan versi 2 yang menggunakan rumah kopling & per kopling..
atau kalau tidak, sobat bisa pakai bak kopling yang versi 1 terus ganti rumah kopling asli dengan punya kakak Seperguruan Jupiter MX, caranya
harus di bubut dulu biar pas terus dipantek aja gear aslinya,...
Oy ada tips lagi, kalo mau ganti house MX pilihlah house MX yang Tahun 2009 kebawah, so lebih tipis jadi nggak mentok ama bak kopling, nih cuplikannya House MX yang Tahun 2009 kebawah :

1. 

Ruma Kopling MX

2.
Terbaru

Sekedar info Untuk semua, nggak ada modifikasi sempurna,, jadi lebih baik difikir dahulu sebelum bertindak ya :)

thanks untuk bimbingannya
Sony Rockerz Bore Up :)
Thanks juga buat bro Jemi Ardi

Sekian, dan semoga dalam postingan kali ini bisa bermanfa'at buat sobat semua..
Ma'af apabila ada banyak kesalahan tutur kata dalam Postingan saya kali ini,, manusia tak ada yang sempurna :)


Wassalamualaikum.wr.wb

7 comments

wah kalau saya langsung ke bengkel saja, soalnya tidak paham mesin sob

nice gan infonya... sekalian belajar oromotif

Makasih Gan Informasinya Coba Dulu Gan :D

nice share sob..!
lokasi semarang mana nih..?
kalo bikinin balancer ke tukang bubut abis brp y kira"..?
kalo balancer punya TDR gitu ada g ya..?
oiyaaa untuk 130cc harian bagus pake brp gram balancernya sob..?
itu jupi ente jupi yg stroke ny 57.9 bukan..?

thanks sob,.. sorry banyak nanya. maklum, baru nyemplung ke oli"... :D

saya jawab satu persatu ya :)

1. lokasi saya di kendal sob, semarang kebarat
2. saya dulu buat habis 200rb sob, kalo saya perkirakan harga pada umumnya kisaran 200-250 sob
3. Saya belum tau sob kalo balancer TDR, soalnya belum ada kabar nih
4. bisa pake 700 gr, dulu punyaku pake 800 gr untuk cc 125
5. bukan sob..

:-bd